1.
Pengertian Desain &
Pemodelan Grafik
Desain pemodelan
grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan
software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata,
yaitu “Desain”, “Pemodelan”, “Grafik” dengan memiliki arti sbb :
-- Desain
: Seni
terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya.
-- Pemodelan : Pola/contoh dari
sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
-- Grafik : Pengungkapan dan
perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan gambar dengan melakukan proses
pencetakan.
-- Desain Grafik
: Seni
dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupkan
bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual,
tipografi, tata letak dan desain interaksi.
2.
Prinsip dan Unsur Desain
Grafik
Unsur – unsurnya :
a. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang
menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk
gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
b. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah sesuatu yang memiliki
diameter tinggi dan lebar.
c. Huruf (Character)
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk
visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai Bahasa
verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C dll.
d. Simbol (Symbol)
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk
visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara
umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misalnya
gambar orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol. Bukan dalam bentuk
nyata (dengan detail).
e. Bentuk Nyata (Form)
Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi
fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan dan benda
lainnya.
f. Tekstur (Texture)
Teksture adalah tampilan permukaan dari
sutau benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
g. Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk
dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk memberi efek estetika
desain dan dinamika desain grafis.
h. Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang
mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
i. Warna (Color)
Dengan warna orang bisa menampilkan identitas,
menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara
jelas.
Prinsipnya :
a. Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan
prinsip ini dalam pekerjaan desain.
b. Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan
antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang
secara visual.
c. Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
d. Penekanan (Aksentuasi)
Dimaksudkan untuk menarik perhatian
pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
e. Irama (Repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua wujud
yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music
beruntun yang sama.
3.
Perkembangan Desain Grafik
dari Berbagai Media
Pada awalnya
media desain grafis hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi).
Namun, perkembangannya semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke
dunia multimedia (diantaranya audio dan video). Desain grafik juga diterpkan
dalam media elektronik yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau
desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan
pemikiran tentang desain. Desain grafik bisa diterapkan menjadi sebuah desain
lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
4.
Pengaruh Kebudayaan &
Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafik
Keberadaan desain
pemodelan grafik sangatlah dipengaruhi oleh budaya dan teknologi berkembang di
masyarakat. Salah satunya adalah ide, banyak sekali ide yang dihasilkan untuk
desain grafik berasal dari budaya yang ada dilingkungan sekitar. Tak sedikit
pula budaya Indonesia digunakan sebagai desain grafik. Contohnya adalah
kerajinan kain daerah seperti batik dan tenun, keramik, gerabah dan masih
banyak yang lainnya.
Kerajinan tradisional
daerah merupkan warisan turun-temurun dari nenek moyang yang sangat indah untuk
djadikan sumber pemikiran kreatif dalam melakukan pembuatan desain grafik.
Dengan berkembangnya teknologi ini, maka semakin mudah bagi generasi muda saati
ini untuk menciptakan karya desai grafis dengan waktu yang relatif singkat dan
banyak desain yang akan dihasilkan sehingga akan lebih efisien dalam waktu dan
segalanya.
Pengaruh lain dari budaya dan teknologi dalam desain pemodelan garfis adalah periklanan. Pemilih iklan harus mengetahui peran yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan san perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Pengaruh lain dari budaya dan teknologi dalam desain pemodelan garfis adalah periklanan. Pemilih iklan harus mengetahui peran yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan san perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
5.
Desain pemodelan grafis dari segi interaksi manusia
dan komputer
Kemampuan estetika
dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap
desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih
fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk
menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di
semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan
latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan
beberapa keahlian ilmu manusia.
Suatu alternatif yang
lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman
menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin dikombinasikan
dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari
ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer, yang
secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian
dari sistem proses desain secara menyeluruh.
Interaksi computer dengan manusia
atau dengan bahasa inggris dikenal dengan “human-computer interaction / HCI”
merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara computer dengan manusia yang
meliputi perancangan, evaluasi, dan juga implementasi antar muka pengguna
computer agar mudah digunakan oleh manusia.
Ilmu ini berusaha untuk menemukan
cara yang paling efektif untuk dapat merancang pesan secara elektronik,
sedangkan interaksi manusia da computer sendiri merupakan serangkaian proses,
dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan
computer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melewati
sebuah antar muka untuk mendapatkan hasil akhir yang diharapkan.
Tujuan dari interaksi ini adalah agar
memudahkan manusia dalam melakukan pengoperasian terhadap computer dan
memperoleh beberapa umpan balik yang mereka perlukan selama mereka bekerja
menggunakan computer dan juga mengharapkan agar system computer yang
dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly.
Kita membutuhkan interaksi tersebut agar kita bisa lebih cepat untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan serta membuat waktu dalam prosesnya menjadi lebih
cepat dan juga itu akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan.
Interaksi bisa dikatakan dialog
antara user dengan komputer.
Model atau jenis interaksi, antara
lain :
1. Command line interface
(perintah baris tunggal)
contoh : unix, linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh : hampir semua software
menggunakan menu
3. Natural language (bahasa
alami)
contoh : bahasa pemrograman
terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query
dialogue
contoh : mysql, dbase interaktif, dll
5. Form-fills and spreadsheets
contoh : excel, lotus, dll
6. WIMP
- Windows Icon Menu Pointer
- Windows Icon Mouse Pulldown Menu
yang termasuk komponen WIMP : button,
dialogue boxes, pallettes, dll
Ilmu-ilmu yang berkaitan dengan IMK
(Interaksi Manusia & Komputer)
1. Teknik elektronika & ilmu
komputer =memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2. Psikologi
memahami sifat & kebiasaan,
persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3. Perancangan grafis dan
tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama
dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif
antara manusia & komputer
4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk
mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi
kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu,
kebersihan tempat kerja
5. Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia,
memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing
anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik
merupakan cabang ilmu yang
mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi
yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami,
bahasa menu, bahasa perintah
7. Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem
manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya
otomasi kantor.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar